Manfaat Jaringan Komputer


Gigatekno - Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling berhubungan antara satu sama lain dengan menggunakan protokol komunikasi melalului media sehingga dapat saling berbagi informasi, program aplikasi dan penggunaan perangkat keras secara bersama, seperti printer, harddisk, dan sebagainnya.

Dengan demikian, penggunaan komputer yang sebelumnya hanya berdiri sendiri, kini telah diganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling terhubung dalam melaksanakan tugasnya, sehingga semakin memudahkan para pengguna komputer dalam melakukan pekerjaannya. Adapula manfaat dari jaringan komputer, yaitu:
  • Berbagi Pakai Sumber Daya
    Para pengguna komputer di suatu organisasi dapat menggunakan perangkat keras seperti printer, harddisk, scanner, dan sebagainya secara bersama-sama dan saling bergantian tanpa harus memindahkan posisi perangkat keras tersebut.

  • Berbagi Pakai Software
    Selain dapat menggunakan perangkat keras secara bersama, manfaat lain dalam jaringan komputer lainnya yaitu kita dapat mengakses dan mengupdate file secara bersama sehingga menghasilkan kolaborasi yang sangat baik sebagai tim.

  • Komunikasi
    Di dalam jaringan komputer kita juga dapat melakukan komunikasi antar pengguna yang jauh, komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail maupun program realtime chatting yang bertatap muka (seperti: Skype, Line, dsb)

  • Pemrosesan Terpusat
    Pemrosesan secara terpusat dilakukan apabila sebuah data yang dibuat oleh tiap pemakai jaringan dikehendaki untuk disatukan dalam komputer pusat, sebaliknya pemrosesan distribusi dilakukan apabila suatu pekerjaan pengolahan data dari komputer dapat dikerjakan oleh tiap pemakai berdasarkan spesifikasi bidang kerjanya.

  • Keamanan Data
    Keamanan data dapat diatur oleh administrator dengan pemberian hak akses, pembatasan waktu akses dan pemberian passwod untuk melindungi pemakaian komputer pusat.

  • Akses Internet Bersama-sama
    Jika ada salah satu komputer yang terhubung ke internet dan komputer tersebut memberi izin untuk akses ke internet maka pengguna jaringan dapat melakukan koneksi internet hanya dengan menggunakan satu buah akun di ISP (Internet Service Provider) dan satu buah modem.
Sebenarnya masih sangat banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dalam jaringan komputer, namun manfaat yang disebutkan diatas merupakan manfaat yang sering kita dapat dan kita pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Manfaat Jaringan Komputer"

Posting Komentar